Bongkahan Batu Kawasen Rp.5jt / Kg



Dengan bertambahnya kegemaran masyarakat luas dalam mengkoleksi batu mulia, ternyata di wilayah Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, memiliki sumber bebatuan yang akhir-akhir ini dicari oleh para kolektor. Tren baru kemudian muncul di tengah masyarakat tentang batu kawasen. Harga batu kawasen inipun kemudian menjadi melambung.    

Penduduk setempat bernama Ojak, salah satu pengrajin batu akik asal Dusun Neglasari RT 07 RW 02, Desa Banjarsari, mengatakan bahwa batu kawasen memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang terletak pada motif dan warnanya yang eksotik, wajar, bila kini harga batu kawasen menjadi sangat mahal,” katanya.
Dalam satu hari, Ojak mengaku dapat membuat batu untuk cincin sebanyak 25 buah. Diapun mematok hasil pekerjaannya mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp. 1,5 juta. “Tergantung bobot bahan dan keunikan batu tersebut,” katanya.

Sama halnya dengan Ojak, Rizki, warga Dusun Kawasen, mengatakan, batuan permata asal Kawasen beragam jenisnya, mulai dari pancawarna, sulaeman, sarang tawon dan yang lainnya. Bahan batu kawasen yang masih berbentuk bongkahan dibandrol mulai Rp 700 ribu sampai Rp 5 juta perkilogram.
“Apalagi setelah beberapa kali keluar sebagai juara 1 pada kontes batu ali, baik lokal maupun nasional, seperti pada kontes yang diselenggarakan di Pamulang Square Jakarta, batu kawasen jenis pancawarna berhasil meraih juara 2,” katanya.

Ade Supriatna, warga RT 13 RW 03, Dusun Batukurung, Kawasen, mengatakan, hampir setiap hari, banyak orang yang berdatangan untuk mencari bahan batuan permata di Sungai Kawasen dan Sungai Batukurung.
Sekdes Desa Kawasen, Nanang, Selasa (3/2/2015), mengaku bersyukur di wilayahnya terdapat kekayaan alam berupa batuan permata. Hanya saja, dia menyayangkan, eksploitasi batuan permata tersebut dibiarkan tanpa pengelolaan yang baik, bisa berdampak terhadap kerusakan lingkungan.

Untuk itu, Nanang berharap, masyarakat bersama-sama pemerintah desa menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Kawasen dan Batukurung



Related Posts:

1 Response to "Bongkahan Batu Kawasen Rp.5jt / Kg"