Peristiwa Langit Selama 2015



Setiap kejadian alam yang terjadi di langit pasti membuat kita takjub. Apakah anda tahu ada kejadian apa di atas kita selama tahun 2015?

Gerhana Bulan Total
gerhana bulan 2015
Pada tahun 2015 ini, kita diberikan dua kali kesempatan untuk melihat pertunjukan langit yang paling sederhana, yakni gerhana bulan total.
Pertama, pada 4 April, Bumi yang kita tempati akan menjadi gelap karena diselimuti bayangan bulan ketika planet kita berangsur-angsur bergerak antara Matahari dengan Bulan. Gerhana Bulan Total ini dapat terlihat dari Pasifik Selatan, Alaska, Australia bagian timur, dan Jepang. Sementara penduduk Amerika Utara akan menyaksikan sebagian gerhana sebelum matahari terbit.
Kesempatan kedua kita dapat mengamati Gerhana Bulan Total (GBT) adalah pada malam 27 September, ketika gerhana tersebut melintas di Benua Amerika, Eropa, dan Afrika.

Pertemuan antar Planet
Ini pasti sesuatu yang dinantikan karena pertemuan planet-planet begitu indah. Yang pertama adalah senja
pertemuan dua planet jupiter
Jupiter dan dua bulannya, Io dan Europa (paling kanan).
hari pada 30 Juni, lihatlah ke arah langit barat dan Anda bisa menyaksikan Venus "parkir" di samping planet terbesar Tata Surya, Jupiter.
Jupiter dan dua bulannya, Io dan Europa (paling kanan).
Kedua planet cemerlang ini akan berada di posisi berdekatan, berpasangan, hanya terpisah 0,3 derajat, di langit.
Sebagai bonus, 11 hari sebelumnya bulan akan bergabung dengan duet kosmik ini membentuk segitiga.
Kemudian, pada fajar hari tanggal 23 Oktober, di langit timur, semua planet akan menampakkan diri dalam penampilan terbaiknya tahun ini.

Komet
Komet Catalina (C/2013 U10) diperkirakan akan terlihat di langit sekitar bulan Desember. Pengamatan komet lewat teropong, bahkan langsung dengan mata telanjang, akan dapat dilakukan pada saat subuh. Kira-kira 7 Desember, komet akan muncul di langit tenggara, berjarak 5 derajat saja dari Venus.
Bila prediksi ini benar, Catalina juga akan melewati salah satu bintang paling terang—Arcturus—pada hari Tahun Baru 2016 yang akan datang.


Related Posts:

0 Response to "Peristiwa Langit Selama 2015"

Posting Komentar